Peluang Terbuka di Grup Semenjana

Peluang seluruh tim di Grup F babak penyisihan Piala Eropa 2016 untuk lolos ke babak 16 besar masih terbuka lebar. Padahal, saat ini hampir seluruh grup yang ada di Piala Eropa 2016 sudah memastikan tim masing-masing untuk berlaga di babak 16 besar.

Hungaria, Islandia, Portugal, dan Austria bisa dibilang jadi grup yang paling sengit memperebutkan tiket 16 besar Piala Eropa 2016. Sebabnya, hingga pertandingan pamungkas babak penyisihan grup menjelang belum ada satu pun tim di Grup F yang sudah merasa aman.

Tak ada yang menyangka persaingan di Grup F Piala Eropa 2016 akan begitu ketat. Sebabnya, hanya ada Portugal yang berstatus sebagai tim unggulan di grup tersebut, sedangkan sisanya berstatus semenjana.

Portugal pun bisa dibilang bukan salah satu tim yang cukup difavoritkan di antara tim-tim besar di grup lainnya.

Saat ini Grup F Piala Eropa 2016 masih dipimpin Hungaria yang sukses meraih empat poin. Tim kuda hitam itu dibuntuti oleh Islandia dan Portugal yang meraih poin sama, dua, dari laga yang telah dijalani.

Sementara Austria masih menjadi pertimbangan walau sementara ini berada di dasar klasemen dengan raihan poin satu.

Meski memimpin klasemen sementara Grup F, Hungaria tak boleh besar kepala saat menghadapi Portugal, Rabu (22/6) malam nanti. Christiano Ronaldo dan kawan-kawan dipastikan tampil dengan tekad besar untuk membuktikan kualitas mereka sebagai salah satu tim unggulan di Piala Eropa 2016.

Jika kekalahan diderita Hungaria, peluang mereka untuk lolos ke babak 16 besar akan tergantung pada hasil pertandingan lain yang mempertemukan Islandia dan Austria. Skuat asuhan Bernd Storck minimal harus meraih hasil imbang agar dapat mengamankan tiket ke babak 16 besar tanpa bergantung pada hasil pertandingan lain.

Sementara Portugal harus memetik kemenangan dan berharap disaat bersamaan Islandia ditahan imbang atau kalah dari Austria, agar dapat melangkah ke babak 16 besar Piala Eropa 2016. Jika hasil imbang yang didapat, maka skuat asuhan Fernando Santos harus berharap Islandia kalah saat meladeni Austria nanti malam.

Langkah Portugal akan terhenti di ajang terbesar di Benua Biru tahun ini jika mereka menderita kekalahan, dan kalah selisih gol dengan Islandia.

“Saya percaya kepada para pemain. Kenapa saya harus tidak percaya pada mereka? Tak ada alasannya. Saya yakin kami akan lolos,” ujar Santos seperti dilansir dari situs resmi UEFA.

Sementara itu, Islandia dan Austria sama-sama mengincar poin penuh kala mereka bertemu di Stade de France, Saint-Denis, malam ini.

Islandia, tim debutan di ajang Piala Eropa, akan melangkah ke babak 16 besar jika mereka menang melawan Aleksandar Dragović dan kawan-kawan. Hasil pertandingan Portugal melawan Hungaria tak akan berarti apa-apa jika Islandia mampu meraih poin maksimal.

Sementara Austria wajib meraih kemenangan agar dapat melanjutkan perjalanan di Piala Eropa 2016. Jika tiga poin berhasil diraih, Austria juga harus mendukung Portugal agar mampu memenangkan laga melawan Hungaria.

“Pertandingan nanti akan berjalan ketat, kedua tim membutuhkan kemenangan. Kami hanya perlu mencetak gol, tak peduli bagaimanapun caranya,” kata pelatih Austria, Marcel Koller.

Ketatnya persaingan menjadikan laga-laga pamungkas di Grup F layak disaksikan para penikmat sepakbola malam ini. Menarik untuk dilihat, kesebelasan mana saja yang mampu lolos dari Grup F Piala Eropa 2016 nanti.

Tinggalkan Balasan