Gelar Demonstrasi di Jakarta, Ini Tuntutan Bonek pada PSSI

Bonek pendukung Persebaya Surabaya sedang bersiap-siap untuk menuntut hak-hak klub kebanggaan mereka dikembalikan oleh PSSI. Mereka meminta kepada federasi sepakbola Indonesia itu mengakui bahwa Persebaya adalah anggota PSSI dan Persebaya berhak mengikuti kompetisi.

Sekitar 3 ribu Bonek direncanakan akan menduduki Jakarta. Mereka memulai kegiatan unjuk rasa pada Selasa (2/7), tujuan yang pertama adalah menyampaikannya kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

“Yang pertama kami akan melakukan aksi di depan kantor Kemenpora. Kami ingin mendesak dan meminta dukungan kepada Menpora untuk merekomendasikan hak-hak Persebaya dan mengetahui bahwa Persebaya adalah anggota PSSI bukan yang lain,” cetus Andi Peci, Presidium Bonek kepada detiksport.

Seperti diketahui, PSSI akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) pada 3 Agustus di Hotel Marcure, Ancol, Jakarta. Namun, PSSI diketahui mengundang Persebaya dibawah PT MMIB (Mitra Muda Inti Berlian) yang saat ini telah berganti nama menjadi Surabaya United atau Bhayangkara Surabaya United.

Menurut Andi hingga saat ini anggota PSSI adalah Persebaya dibawah PT Persebaya Indonesia bukan PT MMIB. Oleh karena itu, Bonek disebutnya akan mendesak pihak-pihak yang mengatasnamakan Persebaya untuk keluar dari kongres tersebut.

PT MMIB sebelumnya memang telah dinyatakan kalah oleh PN Surabaya, Jawa Timur. Mereka tidak boleh lagi menggunakan merk, logo dan nama Persebaya.

“Kami memaksa PSSI segera mengakui Persebaya, karena Persebaya sampai sekarang adalah anggota PSSI. Karena tidak ada satu surat pun yang menyatakan bahwa Persebaya bukan lagi anggota PSSI. Tapi mereka malah mengakui PT MMIB dan inilah konspiratif PSSI.”

“Kami juga ingin meminta kepada PT MMIB keluar dari kongres, karena mereka bukanlah anggota PSSI. Padahal dalam keputusan pengadilan bahwa kami yang menang, yang berhak menggunakan logo Persebaya dan nama. Bukan mereka,” lanjut dia.

Terkait kompetisi, Andi menegaskan dia dan Bonek lainnya hanya menginginkan Persebaya bisa tampil di persepakbolaan Indonesia, tak peduli tampil di kasta mana pun.

“Bagi kami, mau main di mana pun, kasta mana pun. Kami tidak masalah. Yang penting hak-hak Persebaya dikembalikan. Harapannya 2017 Persebaya sudah bisa main,” katanya.

Ribuan Bonek tersebut telah berdatangan sejak dua hari lalu dan jumlahnya akan bertambah. Selama di ibu kota, mereka akan bermarkas di Stadion Tugu, Jakarta Utara dan mereka akan dibantu oleh Bonek Jabodetabek.

Tinggalkan Balasan